Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Ogan Komering Ilir (UNISKI) Kayuagung telah menggelar kuliah umum di Aula kampus UNISKI yang bertemakan “Pembelajaran pada Era Revolusi Industri 4.0”, Senin(24/06).

“Dalam menghadapi revolusi Industri 4.0 kita harus siap, karena itu sudah pasti akan kita hadapi, dan saya mengajak para mahasiswa untuk mulai menekuni dunia digital dan star up agar mampu bersaing di era industri ke empat”. Ajakan ini di sampaikan Wakil Dekan FKIP Dewi Sartika, S.Pd. M.Pd saat sambutan membuka kuliah umum mewakili Dekan FKIP UNISKI di hadapan ratusan mahasiswa dan para dosen UNISKI. Beliau juga menambahkan bahwa revolusi Industri 4.0 Revolusi industri keempat (4.0) tidak hanya mengubah sistem perekonomian, pekerjaan, tatanan kehidupan bermasyarakat, dan bahkan cara pandang tentang pendidikan. Perubahan yang dilakukan tidak hanya sekadar cara mengajar, tetapi jauh yang lebih esensial, yakni perubahan cara pandang terhadap konsep pendidikan itu sendiri. Oleh sebab itu, kita harus siap menyambut era baru ini dimulai dari sektor pemerintah, swasta, akademik, perusahaan, dan masyarakat luas.” ujarnya.

Dr. Nurul Aryanti, M.Pd yang merupakan lulusan S3 Universitas Negeri Jakarta dan dosen Politeknik Negeri Sriwijaya ini adalah narasumber pada kuliah umum kali ini. Menurut Beliau, “Dunia industri telah mengalami perubahan yang besar dan telah memasuki era revolusi industri keempat atau yang dikenal dengan Industri 4.0. Perubahan ini ditandai dengan berkembangnya dunia teknologi digital yang diintegrasikan ke dalam proses produksi industri” ungkapnya.

Untuk itu, “saya tekankan untuk mengajak kembali para mahasiswa agar mengambil kesempatan ini dengan meningkatkan kemampuan dan kreatifitas terutama di bidang digital. Langkah ini dilakukan agar menyiapkan mahasiswa menjadi generasi dengan sumber daya manusia yang mampu bersaing di dunia industri keempat” himbaunya.

Selain itu juga Nurul Aryati, menambahkan “Bahwa kekuatan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia juga terletak pada jumlah mahasiswa. Para generasi muda ini diharapkan dapat mengambil kesempatan dengan meningkatkan kemampuan dan kreativitas terutama di bidang digital. Ini menjadi pekerjaan kita bersama, dari sektor pendidikan khususnya perguruan tinggi untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompetensi agar mampu mencipatakan inovasi”, tuturnya. Lebih jauh lagi, ia menambahkan bahwa seorang guru harus memiliki lima kompetensi yang harus dipersiapkan memasuki era Revolusi Industri 4.0, yaitu, pertama, educational competence, kompetensi pembelajaran berbasis internet sebagai basic skill; kedua, competence for technological commercialization, artinya seorang guru harus mempunyai kompetensi yang akan membawa peserta didik memiliki sikap entrepreneurship dengan teknologi atas hasil karya inovasi peserta didik; ketiga, competence in globalization, yaitu, guru tidak gagap terhadap berbagai budaya dan mampu menyelesaikan persoalan pendidikan. Keempat, competence in future strategies dalam arti kompetensi untuk memprediksi dengan tepat apa yang akan terjadi di masa depan dan strateginya, dengan cara jointlecture, joint-research, joint-resources, staff mobility, dan rotasi. Kelima, conselor competence, yaitu kompetensi guru untuk memahami bahwa ke depan masalah peserta didik bukan hanya kesulitan memahami materi ajar, tetapi juga terkait masalah psikologis akibat perkembangan zaman. Dengan kelima kompetensi tersebut, diharapkan guru-guru dapat menghadapi tantangan pada era revolusi pendidikan 4.0.

Disisi lain, Dekan FKIP UNISKI Syuhendri, M.Pd., Ph.D. merasa bersyukur dan bangga atas terlaksanaya kuliah umum di kampus UNISKI. Beliau menyampaikan, “Bahwa pihak fakultas akan selalu mensupport dan mendukung kegiatan yang menambah wawasan mahasiswa dan berharap dengan adanya kegiatan seperti ini akan menambah motivasi dan inspirasi mahasiswa akan kesadaran pada era revolusi 4.0 sehingga mahasiswa UNISKI akan siap menghadapi era revolusi tersebut.” Tutupnya. (Ilham E)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *