Universitas Islam Ogan Komering Ilir sukses melaksanakan seminar kearifan lokal pada hari ini, rabu 16 Oktober 2019. Seminar kerjasama dengan kementerian sosial ini bertema “Pembangunan Daerah dan Pengembangan Budaya untuk Mencegah Radikalisme di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa”. Seminar dilaksanakan pukul 09.00 sampai pukul 12.oo di Aula Hotel Dinesty & Resort. Hadir sebagai narasumber di seminar tersebut Rektor Universitas Islam OKI Kayuagung dan Asisten I Pemda OKI. Hadir juga sebagai undangan Perwakilan dan Kodim, Polres OKI, FKDM, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKI, Kesbangpol OKI, Dinas Pariwisata OKI, Dinas Pemuda dan Olahraga,MUI OKI, tokoh adat OKI.

Ketua Panitia seminar, Romi menyebutkan pihaknya mengundang perwakilan pelajar SMA, SMK, Madrasah yang ada di kota kayuagung dan organisasi pemuda untuk hadir sebagai peserta dalam seminar tersebut. Komunitas Kayuagung Creative, Karang Taruna, KNPI, BKPRMI, Forum Remaja Masjid Kayuagung, Pemuda Muhammadiyah OKI hadir di seminar kearifan lokal.

Pemahaman terhadap segala aspek budaya lokal atau yang juga dikenal dengan istilah kearifan lokal dinilai bisa menjadi pencegah terpaparnya paham radikal di tengah masyarakat. Demikian yang diungkapkan oleh Rektor Universitas Islam OKI (Uniski) Kayuagung, M Rasyid Ridha.

Menurutnya, jika aspek budaya lokal ini benar-benar digali, bisa meredam dari awal ini akan menjadi positif. “Contohnya ini kebersamaan masyarakat, dengan adanya kebersamaan ini artinya komunikasi di masyarakat itu berjalan dengan baik bukan hanya dalam kegiatan formal,” kayanya usai seminar di Aula Hotel Dinesti Kayuagung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat